PENGGUNAAN MEDIA LUKIS PASIR SEJARAH
BERBASIS IT DAN SENI
Oleh:
ARIS RIYADI, S.Pd., M.Pd.
SMP NEGERI 2 PITU, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR
A.
Media Lukis Pasir Sejarah berbasis IT dan Seni
Media lukis pasir sejarah berbasis IT dan Seni adalah
alat bantu pembelajaran sejarah berupa lukisan dari pasir diatas kaca bercahaya
yang mengilustrasikan peristiwa-peristiwa sejarah. Bentuk media ini didesain
khusus agar dapat dipresentasikan dalam proses pembelajaran di kelas baik oleh
siswa maupun guru.
Penerapan media lukis pasir sejarah adalah Guru membuat lukis
pasir sejarah di atas meja sambil menceritakan peristiwa-peristiwa sejarah
diiringi alunan musik. Proses lukis direkam dengan camera yang dihubungkan
laptop selanjutnya di tayangkan ke layar monitor melalui LCD. Siswa menghayati
alur cerita sejarah dan membuat catatan-catatan kecil. Selanjutnya siswa
mendiskusikan alur cerita sejarah tersebut dengan teman kelompok. Hasil diskusi
kelompok yang berupa kesimpulan kronologis peristiwa sejarah selanjutnya dipresentasikan
didepan kelas.
B. Proses Pembuatan Media lukis pasir
sejarah berbasis IT dan Seni
Media lukis pasir sejarah ini dirancang secara khusus
agar dapat dipresentasikan di dalam kelas baik oleh siswa maupun guru. Alat tersebut dapat dibuat oleh guru sendiri jauh sebelum pelaksanaan
pembelajaran dimulai. Ada beberapa langkah dalam proses pembuatan media box lukis pasir ini.
Hal pertama yang harus dilakukan
adalah membuat Bok Media meja lukis pasir, dari steroform tebal 5 cm, dengan
ukuran meja 75x100 cm. Bahan meja terbuat dari stereform agar lebih ringan dan
mudah di pindah-pindahkan.
Selain kotak juga diperlukan tiang penyangga untuk tempat
kamera yang berfungsi untuk merekam semua proses pembuatan lukisan pasir
sejarah. Posisi camp/kamera diletakkan persis diatas kotak media, agar ketika
proses menglukis, kamera dapat merekam dengan fokus. Perekaman video
dikendalikan dari laptop dan di tayangkan melalui LCD pada layar monitor di
depan kelas, sehingga semua siswa dapat melihat lukis dengan jelas dan besar.
Selain menayangkan secara live/langsung, fungsi laptop juga untuk menyimpan
file video lukisan pasir, agar dapat di putar ulang.
Hidupkan lampu di dalam box media dengan aliran listrik. Hubungkan
cam/kamera dengan laptop dan pastikan aplikasi cam telah conec dengan
laptopnya. Atur jarak kamera dengan box media agar posisi lukis tetap fokus.
Pasang kabel LCD pada laptop. Hubungkan pula kabel tape/musik pada laptop. Alat
siap digunakan.
Karena keterbatasan waktu, maka saat ini kami baru bisa membuat beberapa lukisan
pasir sejarah saja. Namun kami berencana peristiwa-peristiwa sejarah di Indonesia dapat dibuat lukisan pasir sejarahnya. Karena saat ini belum ada yang memanfaatkan lukis pasir sebagai media
pembelajaran sejarah. Saat ini kami masih terus berusaha menciptakan lukisan pasir sejarah yang mungkin untuk pertama
kalinya di Indonesia dalam upaya membantu siswa dalam pembelajaran sejarah, sekaligus menjadi alternatif bagi guru-guru sejarah di
Indonesia untuk menanamkan sikap nasionalisme pada bangsanya melalui karya lukisan
pasir sejarah. Kami juga telah menyiapkan lukis pasir ini dalam
bentuk CD atau bisa di download di youtube lukis pasir sejarah klik disni.https://www.youtube.com/watch?v=T_RMIL8ZhIY
C. Prosedur Penggunaan Media dalam Pembelajaran di Kelas
Prosedur penggunaan media lukis pasir sejarah berbasis IT
dan Seni terbagi menjadi beberapa langkah berikut ini:
a. Mempersiapkan Alat
b. Menjelaskan Skenario Pembelajaran
c. Menglukis Pasir Sejarah
Guru membuat lukisan pasir sejarah di atas box media
sambil menceritakan peristiwa-peristiwa sejarah, diiringi alunan musik yang
sesuai. Cara menglukisnya dengan menaburkan pasir diatas box media lalu dibentuk dengan jari maupun cotton bad,
sehingga terlukis peristiwa sejarah. Pola lukis dapat berpedoman pada contoh lukis
di internet/buku sejarah maupun daya
imajinasi dan seni penglukis. Siswa mengamati dan menghayati alur
cerita sambil membuat catatan-catatan penting. Contoh peristiwa yang dapat di ilustrasikan antara lain peristiwa pertempuran
10 November di Surabaya. Untuk itu
perlu adanya keahlian khusus dalam menggabungkan antara teknologi IT
dengan sentuhan seni dalam mempraktekkan media ini. Namun jangan kuatir, bagi
guru yang tidak ahli dalam menglukis dapat menggunakan file hasil proses lukis
yang telah saya sediakan. Guru dan siswa tinggal ber ekspresi pada cerita
sejarahnya. Semua proses Lukis pasir sejarah diatas direkam dengan kamera yang
terhubung dengan laptop. Dari laptop selanjutnya di tayangkan ke layar monitor
melalui LCD secara live maupun disimpan dalam bentuk file, untuk ditayangkan
kembali di akhir pembelajaran.
d. Diskusi Kelompok
e. Presentasi Kelompok dan Tanya Jawab
d. Diskusi Kelompok
e. Presentasi Kelompok dan Tanya Jawab
f. Kesimpulan dan Refleksi
g. Kegiatan Penilaian
D.
Kesimpulan
Apapun disekitar kita apabila guru mau kreatif dan inovatif maka lukis
pasir yang selama ini kurang bermanfaat ternyata dapat diterapkan dalam
pembelajaran dan menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam memperbaiki permasalahan
yang ada di sekolah. Untuk itu kami
menyarankan kepada guru-guru sejarah untuk terus berinovasi
dan berkreasi. Predikat pembelajaran sejarah yang selama ini membosankan dan tidak aktif akan berubah menjadi
pembelajaran yang menyenangkan.
Bolehkah diinfo bagaimana cara lengkap membuat meja lukisnya Pak. Saya hendak praktikan untuk siswa saya (TK) di sekolah.
BalasHapusTerima kasih