Sabtu, 02 Januari 2016

MEDIA LUKIS PASIR SEJARAH BERBASIS IT DAN SENI

Media lukis pasir sejarah ini di ciptakan oleh ARIS RIYADI, Guru SMPN 2 Pitu Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Media ini di buat sebagai alat bantu siswa dalam belajar sejarah agar siswa tertarik dan senang sehingga terciptalah pembelajaran menyenangkan "joyful learning". Untuk melihat Video Lukis Pasir Sejarah karya Aris Riyadi, klik disini.


PENGGUNAAN MEDIA LUKIS PASIR SEJARAH BERBASIS IT DAN SENI

Oleh:
ARIS RIYADI, S.Pd., M.Pd.
SMP NEGERI 2 PITU, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR

A.     Media Lukis Pasir Sejarah berbasis IT dan Seni
Media lukis pasir sejarah berbasis IT dan Seni adalah alat bantu pembelajaran sejarah berupa lukisan dari pasir diatas kaca bercahaya yang mengilustrasikan peristiwa-peristiwa sejarah. Bentuk media ini didesain khusus agar dapat dipresentasikan dalam proses pembelajaran di kelas baik oleh siswa maupun guru.
Penerapan media lukis pasir sejarah adalah Guru membuat lukis pasir sejarah di atas meja sambil menceritakan peristiwa-peristiwa sejarah diiringi alunan musik. Proses lukis direkam dengan camera yang dihubungkan laptop selanjutnya di tayangkan ke layar monitor melalui LCD. Siswa menghayati alur cerita sejarah dan membuat catatan-catatan kecil. Selanjutnya siswa mendiskusikan alur cerita sejarah tersebut dengan teman kelompok. Hasil diskusi kelompok yang berupa kesimpulan kronologis peristiwa sejarah selanjutnya dipresentasikan didepan kelas.

B.     Proses Pembuatan Media lukis pasir sejarah berbasis IT dan Seni
Media lukis pasir sejarah ini dirancang secara khusus agar dapat dipresentasikan di dalam kelas baik oleh siswa maupun guru. Alat tersebut dapat dibuat oleh guru sendiri jauh sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai. Ada beberapa langkah dalam proses pembuatan media box lukis pasir ini.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat Bok Media meja lukis pasir, dari steroform tebal 5 cm, dengan ukuran meja 75x100 cm. Bahan meja terbuat dari stereform agar lebih ringan dan mudah di pindah-pindahkan.
Selain kotak juga diperlukan tiang penyangga untuk tempat kamera yang berfungsi untuk merekam semua proses pembuatan lukisan pasir sejarah. Posisi camp/kamera diletakkan persis diatas kotak media, agar ketika proses menglukis, kamera dapat merekam dengan fokus. Perekaman video dikendalikan dari laptop dan di tayangkan melalui LCD pada layar monitor di depan kelas, sehingga semua siswa dapat melihat lukis dengan jelas dan besar. Selain menayangkan secara live/langsung, fungsi laptop juga untuk menyimpan file video lukisan pasir, agar dapat di putar ulang.
  Hidupkan lampu di dalam box media dengan aliran listrik. Hubungkan cam/kamera dengan laptop dan pastikan aplikasi cam telah conec dengan laptopnya. Atur jarak kamera dengan box media agar posisi lukis tetap fokus. Pasang kabel LCD pada laptop. Hubungkan pula kabel tape/musik pada laptop. Alat siap digunakan. 
Karena keterbatasan waktu, maka saat ini kami baru bisa membuat beberapa lukisan pasir sejarah saja. Namun kami berencana peristiwa-peristiwa sejarah di Indonesia dapat dibuat lukisan pasir sejarahnya. Karena saat ini belum ada yang memanfaatkan lukis pasir sebagai media pembelajaran sejarah. Saat ini kami masih terus berusaha menciptakan lukisan pasir sejarah yang mungkin untuk pertama kalinya di Indonesia dalam upaya membantu siswa dalam pembelajaran sejarah, sekaligus menjadi alternatif bagi guru-guru sejarah di Indonesia untuk menanamkan sikap nasionalisme pada bangsanya melalui karya lukisan pasir sejarah. Kami juga telah menyiapkan lukis pasir ini dalam bentuk CD atau bisa di download di youtube lukis pasir sejarah klik disni.https://www.youtube.com/watch?v=T_RMIL8ZhIY

C.     Prosedur Penggunaan Media dalam Pembelajaran di Kelas
Prosedur penggunaan media lukis pasir sejarah berbasis IT dan Seni terbagi menjadi beberapa langkah berikut ini:
a. Mempersiapkan Alat
b. Menjelaskan Skenario Pembelajaran
c. Menglukis Pasir Sejarah
Guru membuat lukisan pasir sejarah di atas box media sambil menceritakan peristiwa-peristiwa sejarah, diiringi alunan musik yang sesuai. Cara menglukisnya dengan menaburkan pasir diatas box media lalu dibentuk dengan jari maupun cotton bad, sehingga terlukis peristiwa sejarah. Pola lukis dapat berpedoman pada contoh lukis di internet/buku sejarah maupun daya  imajinasi dan seni penglukis. Siswa mengamati dan menghayati alur cerita sambil membuat catatan-catatan penting. Contoh peristiwa yang dapat di ilustrasikan antara lain peristiwa pertempuran 10 November di Surabaya.  Untuk itu perlu adanya keahlian khusus dalam menggabungkan antara teknologi IT dengan sentuhan seni dalam mempraktekkan media ini. Namun jangan kuatir, bagi guru yang tidak ahli dalam menglukis dapat menggunakan file hasil proses lukis yang telah saya sediakan. Guru dan siswa tinggal ber ekspresi pada cerita sejarahnya. Semua proses Lukis pasir sejarah diatas direkam dengan kamera yang terhubung dengan laptop. Dari laptop selanjutnya di tayangkan ke layar monitor melalui LCD secara live maupun disimpan dalam bentuk file, untuk ditayangkan kembali di akhir pembelajaran. 
d. Diskusi Kelompok 
e. Presentasi Kelompok dan Tanya Jawab
f. Kesimpulan dan Refleksi
g. Kegiatan Penilaian
    
D.     Kesimpulan
Apapun disekitar kita apabila guru mau kreatif dan inovatif maka lukis pasir yang selama ini kurang bermanfaat ternyata dapat diterapkan dalam pembelajaran dan menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam memperbaiki permasalahan yang ada di sekolah. Untuk itu kami menyarankan kepada guru-guru sejarah untuk terus berinovasi dan berkreasi. Predikat pembelajaran sejarah yang selama ini membosankan dan tidak aktif akan berubah menjadi pembelajaran yang menyenangkan.


 

1 komentar:

  1. Bolehkah diinfo bagaimana cara lengkap membuat meja lukisnya Pak. Saya hendak praktikan untuk siswa saya (TK) di sekolah.

    Terima kasih

    BalasHapus