BEST PRACTICES
Kerangka Isi makalah tinjauan ilmiah/Best Practices Sesuai dengan Permendikbud 143 Tahun 2014 sebagai
berikut:
Bagian Awal terdiri dari:
halaman judul, lembar persetujuan disertai tanggal persetujuannya, kata
pengantar disertai tanggal penyusunan makalah, daftar isi, daftar tabel, daftar
gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi terdiri dari:
Bab I Pendahuluan berisilatar belakang masalah, dan perumusan masalah.
Bab II Kajian/Tinjauan Pustaka.
Bab III Pembahasan Masalah, didukung data yang ada di sekolahsekolah di
wilayah binaannya. Pada bab ini harus ada kejelasan ide atau gagasan asli
penulis yang terkait dengan upaya pemecahan masalah dan sudah berhasil
diterapkan.
Bab IV Simpulan.
Bagian Penunjang berisi
sajian daftar pustaka dan lampiranlampiran tentang data yang dipakai untuk
menunjang tinjauan atau gagasan ilmiah.
Bukti Fisik antara lain:
1. Makalah tinjauan ilmiah /best practices asli dengan pernyataan
keaslian dari koordinator pengawas sekolah. Juga diperlukan keterangan dari
perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari makalah tersebut telah
disimpan di salah satu perpustakaan sekolah di wilayah binaannya.
2. Apabila berupa laporan hasil best practices bukti fisiknya adalah
laporan/makalah best practices yang dilengkapi dengan berita acara yang
membuktikan bahwa best practices tersebut telah diseminarkan dalam lingkup
terbatas. Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu,
tempat, daftar peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir
peserta. Berita acara ditandatangani oleh panitia seminar dan Koordinator
Pengawas Sekolah. Seminar dilaksanakan di suatu sekolah dalam wilayah binaan,
dengan peserta minimal 5 orang Pengawas Sekolah dan 10 guru yang berasal dari
minimal 2 sekolah dalam wilayah binaan Pengawas Sekolah yang bersangkutan. Sebagai contohnya, anda bisa melihat pada blog saya di halaman sebelum ini tentang naskah finalis simposium 2016 klik di sini atau bisa di klik di sini
PTS (Penelitian Tindakan Sekolah)
Apabila berupa laporan hasil penelitian, kerangka isi atau format
laporan hasil penelitianterdiri dari bagian awal, bagian isi, dan bagian
penunjang.
Bagian Awal terdiri dari:
halaman judul, lembar persetujuanyang memuat tanggal persetujuannya, kata
pengantar disertai tanggal penyusunan laporannya, daftar isi, daftar label,
daftar gambar, daftar lampiran, dan abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi terdiri dari lima
bab yakni:
Bab I Pendahuluan berisi: Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah,
Tujuan Penelitian, dan Manfaat Hasil Penelitian.
Bab II Kajian/Tinjauan Pustaka.
Bab III Metode Penelitian.
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.
Bab V Simpulan dan Saran
Bagian Penunjang berisi
sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang diperlukan (misalnya berupa
Penelitian Tindakan Sekolah lampiran yang harus disertakan adalah program
tindakan setiap siklus, semua instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja,
contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan beserta penjelasannya, daftar hadir
pada setiap tindakan, surat ijin penelitian, dan dokumen pelaksanaan penelitian
lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).
- Subyek penelitian dalam PTS harus mencakup lebih dari 1 (satu)
sekolah binaan.
- Dalam 1(satu) semester maksimal 1(satu) PTS
Bukti Fisik antara lain:
1. Apabila berupa laporan hasil penelitian bukti fisiknya adalah
laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan
bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan dalam lingkup terbatas.
Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu, tempat,
daftar peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta.
Berita acara ditandatangani oleh panitia seminar dan Koordinator Pengawas
Sekolah. Seminar dilaksanakan di suatu sekolah dalam wilayah binaan, dengan
peserta minimal 5 orang Pengawas Sekolah dan 10 guru yang berasal dari minimal
2 sekolah dalam wilayah binaan Pengawas Sekolah yang bersangkutan.
2. Semua bukti fisik di atas memerlukan pernyataan keaslian dari
koordinator pengawas sekolah. Juga diperlukan keterangan dari perpustakaan
sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari laporan hasil penelitian tersebut
telah disimpan di perpustakaan di salah satu sekolah dalam wilayah binaan
Pengawas Sekolah yang bersangkutan. Contoh PTS klik di sini
PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
FORMAT PTK :
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR BAGAN
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAKSI
BAB
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah/
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah/
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
F. Penegasan Istilah
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Pustaka
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Pustaka
B. Hipotesis Tindakan
BAB
III. METODE PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian
B. Subjek Penelitian
A. Rancangan Penelitian
B. Subjek Penelitian
C. Teknik&Intrumen PenguData
D. Teknik Analisi Data
E. Target Keberha&Kolaborator
D. Teknik Analisi Data
E. Target Keberha&Kolaborator
BAB
IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil penelitian
A. Hasil penelitian
1. Kondisi Awal
2. Siklus
I
a. Perencanaan Tindakan
b. Pelaksanaan Tindakan
c. Observasi Tindakan
d. Refleksi Tindakan
3.Siklus II
4.Siklus ke-n
B. Pembahasan
BAB V. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
a. Perencanaan Tindakan
b. Pelaksanaan Tindakan
c. Observasi Tindakan
d. Refleksi Tindakan
3.Siklus II
4.Siklus ke-n
B. Pembahasan
BAB V. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
.....SELAMAT MENCOBA ......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar