Minggu, 02 Desember 2018

BEST PRACTICES, PTS DAN PTK SESUAI PERMENDIKBUD 143 TAHUN 2014


BEST PRACTICES
Kerangka Isi makalah tinjauan ilmiah/Best Practices  Sesuai dengan Permendikbud 143 Tahun 2014 sebagai berikut:
Bagian Awal terdiri dari: halaman judul, lembar persetujuan disertai tanggal persetujuannya, kata pengantar disertai tanggal penyusunan makalah, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi terdiri dari:
Bab I Pendahuluan berisilatar belakang masalah, dan perumusan masalah.
Bab II Kajian/Tinjauan Pustaka.
Bab III Pembahasan Masalah, didukung data yang ada di sekolahsekolah di wilayah binaannya. Pada bab ini harus ada kejelasan ide atau gagasan asli penulis yang terkait dengan upaya pemecahan masalah dan sudah berhasil diterapkan.
Bab IV Simpulan.
Bagian Penunjang berisi sajian daftar pustaka dan lampiranlampiran tentang data yang dipakai untuk menunjang tinjauan atau gagasan ilmiah.
Bukti Fisik antara lain:
1. Makalah tinjauan ilmiah /best practices asli dengan pernyataan keaslian dari koordinator pengawas sekolah. Juga diperlukan keterangan dari perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari makalah tersebut telah disimpan di salah satu perpustakaan sekolah di wilayah binaannya.
2. Apabila berupa laporan hasil best practices bukti fisiknya adalah laporan/makalah best practices yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan bahwa best practices tersebut telah diseminarkan dalam lingkup terbatas. Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu, tempat, daftar peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta. Berita acara ditandatangani oleh panitia seminar dan Koordinator Pengawas Sekolah. Seminar dilaksanakan di suatu sekolah dalam wilayah binaan, dengan peserta minimal 5 orang Pengawas Sekolah dan 10 guru yang berasal dari minimal 2 sekolah dalam wilayah binaan Pengawas Sekolah yang bersangkutan. Sebagai contohnya, anda bisa melihat pada blog saya di halaman sebelum ini tentang naskah finalis simposium 2016 klik di sini atau bisa di klik di sini

PTS (Penelitian Tindakan Sekolah)
Apabila berupa laporan hasil penelitian, kerangka isi atau format laporan hasil penelitianterdiri dari bagian awal, bagian isi, dan bagian penunjang.
Bagian Awal terdiri dari: halaman judul, lembar persetujuanyang memuat tanggal persetujuannya, kata pengantar disertai tanggal penyusunan laporannya, daftar isi, daftar label, daftar gambar, daftar lampiran, dan abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi terdiri dari lima bab yakni:
Bab I Pendahuluan berisi: Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Manfaat Hasil Penelitian.
Bab II Kajian/Tinjauan Pustaka.
Bab III Metode Penelitian.
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.
Bab V Simpulan dan Saran
Bagian Penunjang berisi sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang diperlukan (misalnya berupa Penelitian Tindakan Sekolah lampiran yang harus disertakan adalah program tindakan setiap siklus, semua instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan beserta penjelasannya, daftar hadir pada setiap tindakan, surat ijin penelitian, dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).
- Subyek penelitian dalam PTS harus mencakup lebih dari 1 (satu) sekolah binaan.
- Dalam 1(satu) semester maksimal 1(satu) PTS
Bukti Fisik antara lain:
1. Apabila berupa laporan hasil penelitian bukti fisiknya adalah laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan dalam lingkup terbatas. Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu, tempat, daftar peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta. Berita acara ditandatangani oleh panitia seminar dan Koordinator Pengawas Sekolah. Seminar dilaksanakan di suatu sekolah dalam wilayah binaan, dengan peserta minimal 5 orang Pengawas Sekolah dan 10 guru yang berasal dari minimal 2 sekolah dalam wilayah binaan Pengawas Sekolah yang bersangkutan.
2. Semua bukti fisik di atas memerlukan pernyataan keaslian dari koordinator pengawas sekolah. Juga diperlukan keterangan dari perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari laporan hasil penelitian tersebut telah disimpan di perpustakaan di salah satu sekolah dalam wilayah binaan Pengawas Sekolah yang bersangkutan. Contoh PTS klik di sini

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
FORMAT PTK :
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR BAGAN
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAKSI         
BAB I. PENDAHULUAN
                A.
Latar Belakang
                B. Rumusan Masalah/
                C. Tujuan Penelitian
                D. Manfaat Penelitian
                F. Penegasan Istilah
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
                A. Kajian Pustaka
                B. Hipotesis Tindakan
BAB III. METODE PENELITIAN
                A.
Rancangan Penelitian
                B. Subjek Penelitian
                C. Teknik&Intrumen PenguData
                D.
Teknik Analisi Data
                E. Target Keberha&Kolaborator
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
                A. Hasil penelitian
                     1. Kondisi Awal
                     2. Siklus I
                          a. Perencanaan Tindakan
                          b. Pelaksanaan Tindakan
                          c. Observasi Tindakan
                          d. Refleksi Tindakan
                     3.Siklus II
                     4.Siklus ke-n
                B. Pembahasan
BAB V. 
PENUTUP
                A. Kes
impulan
                B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
contoh PTK klik di sini

.....SELAMAT MENCOBA ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar