Sabtu, 04 Februari 2012

CONTOH PENELITAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK SD SMP SMA

MEMBUAT PTK ITU SEBENARNYA MUDAH

Ditulis oleh ARIS RIYADI, S.Pd., M.Pd. Guru SMPN 4 Widodaren Kab.Ngawi, Jawa Timur.
(Juara/Penghargaan 20 kali di beberapa event Lomba Guru di tingkat Nasional)  

Jika anda ingin membuat PTK untuk karya anda, baik untuk keperluan kenaikan pangkat, monev, maupun untuk disimpan di perpustakaan, maka mulailah sedikit demi sedikit mulai sekarang. Jika anda harus membuat PTK dalam waktu 1 bulan dengan jumlah 5 - 6 PTK. Pasti kita akan kesulitan... Kalaupun bisa dengan "Jaitkan/ndandakne" hasilnyapun acak-acakan. Padahal PTK yang ideal adalah 1 PTK dikerjakan dalam 1 semester. Sehingga 1 th menghasilkan 2 PTK. Dalam waktu 2 th, anda telah memiliki 4 PTK yang valid dan jujur (benar-benar anda buat sendiri). Sebenarnya PTK tidak perlu yang teorinya tinggi-tinggi, asal anda membuat dengan teliti dan benar-benar praktek sendiri di dalam kelas, itulah PTK yang baik dan benar. Data-datanyapun pasti kita tidak mencari-cari atau mengada-ada. Tinggal kita menghimpun dari bukti fisik yang ada di kelas kita. Nah... ini kami akan mencoba memberikan solusi untuk anda.... bagaimana membuat PTK yang benar, agar anda dapat terlepas dari permasalahan diatas. Berikut ini tips/langkah-langkah bagaimana membuat PTK yang benar.
1. Mencoba merancang  PTK sendiri sebisa mungkin. Dengan mencoba, maka akan mengetahui langkah-langkah anda dalam memulai PTK. Jika perlu menghadirkan nara sumber untuk membuat PTK. Jangan sekali-kali menghadirkan nara sumber PTK yang bersifat "semkinar" saja. Buat Work shop/kerja kelompok yang menghasilkan. Tidak hanya 1 pertemuan. Buat beberapa pertemuan/langkah demi langkah PTK. Memang perlu waktu dan biaya, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba.
2. Dalam membuat PTK kejujuran sangat penting, semua bukti bukti fisik yang ada dalam kelas, itulah modal utama. Jika kita merekayasa, itu adalah awal dari kebuntuan membuat PTK. Action langkah demi langkah anda jalani saja, hasil tuntas dan tidak tuntas merupakan dampak dari action tsb. Tidak perlu memakai statistik yang bertele-tele, sederhana saja, yang penting data valid/terpercaya.
3. Banyak membaca PTK yang sudah ada sebagai perbandingan membuat PTK anda. PTK yang ada jangan ditiru sebagai pedoman membuat PTK anda, akan tetapi hanya sebagai referensi saja. Karena jika anda terpaku pada PTK lama, ide akan buntu, terpaku pada PTK yang lama. Lebih baik PTK lama di pelajari dulu, lalu ditutup. Selanjutnya buat PTK baru dengan ide yang segar dan baru serta sesuai kondisi keadaan siswa di kelas anda.
4. Banyak kendala, terutama dalam mengembangkan kata-kata, untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu tips antara lain:
    MENULIS APA ADANYA
Tulislah apa adanya tanpa beban, tdk usah berfikir jelek, takut salah, tata kalimat, tdk dibaca orang, hilangkan pikiran tsb, krn akan menghambat tulisan bahkan tdk jadi menulis krn nya.
    MENULIS SEAKAN-AKAN BERBICARA
    Tulislah apa yang anda bicarakan, seperti anda menulis surat pd teman, pd atasan dst.  Anda bicara dialihkan menjadi anda menulis. Jika perlu rekamlah suara anda,  lalu tulis……..
    MULAILAH SECARA PAKSA UNTUK MENULIS
    Unt menulis memang agak sulit, kadang malas, ah nanti saja, repot, dst akhirnya gak jadi menulis. Segala sesuatu memang unt mengawali sulit tapi jika sudah mulai akan terbuka.
    JANGAN PERNAH BERHENTI KARENA TEORI
    Berdasarkan Prof.YYYYY. tentang …….  Jika kesulitan, lewati dulu. Lanjutkan terus menulisnya. Setelah selesai baru selanjutnya teori tsb dicari di buku referensi. Begitupula tentang tata bahasa, teruskan dulu menulis, baru untuk selanjutnya dikoreksi dan ditata.
    BELAJAR  MENULIS KEJADIAN SEHARI-HARI / INFORMASI
    Sebenarnya kemampuan menulis dapat dilatih. Menulis diary/kejadian/info sehari-hari, tentang Gayus dst, merupakan latihan menulis. Jadi tidak heran jika seseorang sering membuat buku diary maka hampir dipastikan ia akan punya kemampuan menulis. Bahkan sebenarnya dengan tanpa sadar kita ber SMS itu adalah belajar menulis. Maka kembangkan kemampuan berfikir dia ungkapkan dalam bentuk huruf atau tulisan.
    BANYAK MEMBACA  DAN BERLATIH MENULIS
Kemampuan menulis adalah kemampuan yg tdk dpt diperoleh secara instan tapi perlu latihan. Maka diawali dengan banyak Membaca perkembangan iformasi di Koran,majalah & lihat TV. Dengan bayak referensi maka menulis akan lebih mudah. Tanpa banyak baca maka menulis akan banyak buntunya.
5. Salah satu contoh format PTK:
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAKSI   
BAB I. PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang
    B. Rumusan Masalah
    C. Tujuan Penelitian
    D. Manfaat Penelitian
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
    A. Kajian Pustaka   
BAB III. METODE PENELITIAN
    A. Rancangan Penelitian
    B. Subjek Penelitian
    C. Teknik&Intrumen PenguData
    D. Teknik Analisi Data
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
    A. Hasil penelitian
        1. Kondisi Awal
        2. Siklus I
              a. Perencanaan Tindakan
              b. Pelaksanaan Tindakan
              c. Observasi Tindakan
              d. Refleksi Tindakan
         3.Siklus II
         4.Siklus ke-n
    B. Pembahasan
BAB V.  PENUTUP
    A. Kesimpulan
    B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Semoga artikel diatas dapat membantu anda.......

10 komentar:

  1. pa Aris kok contohnya ngga ada...aku juga pengen nulis PTK kebetulan kami di Papua banyak kesulitan dalam proses Belajar.....pengen lihat gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku coba membantu yg di Papua... Nih baru kuedit terus.... Update terus blog ini...

      Hapus
    2. Pak aris , saya pada saat HUT PGRI ikut lomba PTK, tapi kata jurinya saya harus sering2 membaca ptk orang yang pernah menang, bgm saya bisa baca wong contohnya aja gak di kasih, saya mohon sama bapak utk memberikan contohnya ke saya, alamat email elvinaamirazzam@gmail.com

      Hapus
  2. Tip yang di tampilkan sangat membantu sekali,semoga pak Aris dapat melampirkan contoh PTK bapak yg pernah dinilai sebagai Jura sebagai bahan untuk di simak,dan jadikan refensi.
    di tunggu kunjungan balasannya
    di = http://bloggerasmuri.blogspot.com/

    BalasHapus

  3. PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) dan PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )

    Maaf Berbagi info kepada teman2 yg butuh Pemantapan Kemampuan Profesional atau PKP adalah tugas akhir mahasiswa. Unsur PKP berasal dari PTK dan PKM. Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk kenaikan pangkat dan tugas kuliah.di http://www.pkplengkap.com

    BalasHapus
  4. Berikan contoh ptk yg benar buat saya

    BalasHapus
  5. Saya seorang guru yg sudah 9 tahun di golongan IVa yg ingin naik pangkat tetapi tdk tahu caranya

    BalasHapus
  6. Berikan contoh ptk yg benar buat saya

    BalasHapus
  7. kok contoh ptk nya tak ada pak? ptk yang terbaik yang pernah juara tu kayak apa sih? saya mau belajar, saya pernah buat ptk, tapi selalu ada kekurangannya, saya mau contoh ptk bapak. saya tunggu

    BalasHapus